Posisi Tidur Yang Baik



Dalam tidur kadang kali kita merasakan kenyamanan dalam beberapa posisi tidur, namun dari beberapa posisi tidur yang sering kita gunakan saat tidur bisa menjadi penyakit bagi kita sendiri. Namun ada juga yang dapat memberikan kita manfaat bagi kita. Berikut ini meupakan posisi-posisi saat tidur.

Posisi Telentang
Posisi tidur berbaring  telentang merupakan posisi tidur yang sering digunakan bagi sebagian besar orang, namun dibalik semuanya itu dapat memberikan efek-efek yang kadang kita bisa rasakan langsung ataupun jangka panjang.
Kelebihan posisi tidur ini yaitu tidur sangat lelap, karena kenyamanannya atau dengan keadaan yang letih kebanyakan orang tidur dengan posisi ini. Dan kekurangan dari posisi ini ialah saat kita telentang dapat menekan atau menyesakkan tulang punggung yang sering kali dapat menyebabkan kita ingin pergi ke WC

Posisi Tengkurap
Tengkurap merupakan salah satu posisi yang sering digunakan saat tidur, namun dibalik kenyamanan dari tidur tengkurap ini menyimpan banyak kekurangan bahkan dapat mengganggu kesehatan kita. Karena pada posisi ini bagian pernafasan tertekan dengan beban kita dan ini sangat tidak di anjurkan. Tidak dibenarkan bahwa telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik pada saat kita tidur malam maupun saat kita tidur siang. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Posisi Menghadap Ke-Kiri
Posisi dengan tidur dengan menghadap ke kiri ataupun menjadikan bagian tubuh sebelah kiri menjadi tumpuan saat kita tidur merupakan salah satu posisi tidur yang tidak dianjurkan dikarenakan pada posisi ini jantung tertekan beban kita saat tidur yang menyebabkan sirkulasi darah terganggu dan pasokan darah yang menuju ke otak berkurang. Dengan terganggunya pasokan darah yang menuju otak ini dapat menyebabkan banyak orang yang mengalami mimpi buruk atau yang sering kita sebut dengan Nightmare. Tidak hanya itu, pasokan darah yang kurang dalam otak juga dapat menyebabkan orang berjalan dalam keadaan tidur.

Posisi Menghadap Ke-Kanan
Posisi tidur ini tidak disangka memberikan banyak manfaat, posisi ini mungkin kurang enak. Namun posisi ini juga merupakan posisi yang paling bagus ketika kita tidur. Karena posisi ini tidak memberikan efek apapun dalam organ dalam tubuh kita. Berdasarkan riset yang dilakukan banyak ilmuan posisi ini sangat menyehatkan dibandingkan 3 posisi yang lainnya.

Bagaimana dengan posisi-posisi yang sering anda gunakan? Apakah sudah tau beberapa manfaat dan juga kekurangan dari posisi tidur yang anda gunakan setiap harinya ? Dengan demikian kita dapat mengurangi resiko – resiko yang terdapat pada posisi kita tidur.Mungkin dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Labels

Blogumulus by PungkyPriyo