USB 3.0

Semakin Berkembangnya zaman semakin banyak pula barang - barang elektronik yang teknologinya semakin tinggi. Tidak kalah juga Port USB 2.0 berkembang menjadi 3.0 yang merupakan USB yang akan menggantikan USB 2.0 ini.Untuk spesifikasi sebgagai berikut:

Beberapa perubahan telah di implementasikan di USB 3.0 seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat eksternal dan kebutuhan kecepatan lebih tinggi. Berikut penjelasan singkat teknologinya.

Transfer Rate
Kecepatan transfer data USB 3.0 sekitar 3200 MBits/s ( 3.2 GBits/s atau 400 MBytes/s), dan secara teori dapat mencapat 4.8 GBit/s. Kecepatan ini 6 sampai 10x lebih cepat dari maksimal kecepatan USB 2.0.
Data Transfer
USB 3.0 mengenalkan teknologi transfer data dua arah ( full duplex), sehingga dapat membaca dan menulis data secara bersamaan (simultan). USB 2.0 dan sebelumnya belum mendukung teknologi bi-directional ini .
Power
Tegangan listrik diturunkan dari 4.4 V menjadi 4V, kemudian arus juga ditingkatkan ( menjadi 150mA), sehingga selain lebih hemat energi, sebuah port USB 3.0 dapat digunakan 4-6 perangkat serta meningkatkan recharging.
Power Management
Power managemen yang lebih baik dibanding USB 2.0, sehingga mendukung idle, sleep dan suspend ( Wikipedia )
Bentuk Fisik
Ujung USB 3.0 akan sama dengan USB 2.0 (standard), tetapi kabel didalamnya akan lebih banyak, ada tambahan 4 jalur kabel dibanding USB 2.0 ( total ada 9 jalur kabel).




Interface USB 3.0 juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya sebagai berikut :
Panjang Kabel. Maksimum panjang kabel USB 3.0 berkurang menjadi 3 meter (USB 2.0 maksimal 5 meter). Meskipun hal ini bisa diatasi dengan menambahkan USB Hub.
Speed Limit, tidak semua perangkat bisa memanfaatkan penuh kecepatan USB 3.0, seperti misalnya Hardisk Magnetik yang terbatas pada kecepatan perputaran keping disk.

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Labels

Blogumulus by PungkyPriyo